Penerapan Pendekatan Technological, Pedagogical, Content, Knowledge (TPACK) terhadap Kemampuan Prosedural IPA Siswa Kelas VIII SMP Telkom Makassar

Harisa, Harisa and Saenab, Sitti and Rusli, Muhammad Aqil (2022) Penerapan Pendekatan Technological, Pedagogical, Content, Knowledge (TPACK) terhadap Kemampuan Prosedural IPA Siswa Kelas VIII SMP Telkom Makassar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 5 (2). pp. 128-134. ISSN Elektronik-Online: 2623 - 0852

[img] Text
Penerapan Pendekatan Technological, Pedagogical, Content, Knowledge (TPACK) terhadap Kemampuan Prosedural IPA Siswa Kelas VIII SMP Telkom Makassar.pdf

Download (187kB)
Official URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/in...

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pre-experiment yang bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan prosedural IPA siswa kelas VIII SMP Telkom Makassar setelah diajar dengan menggunakan pendekatan TPACK pada materi tekanan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan (2) kategori kemampuan prosedural IPA siswa kelas VIII SMP Telkom Makassar setelah diajar dengan menggunakan pendekatan TPACK pada materi tekanan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experiment dan desain penelitian one shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Telkom Makassar. Sampel ditetapkan melalui teknik purposive sampling sehingga terpilih dua kelas dengan jumlah keseluruhan 35 siswa. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan prosedural. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan pemberian skor tes. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) secara deskriptif kemampuan prosedural IPA siswa kelas VIII SMP Telkom Makassar setelah dibelajarkan menggunakan pendekatan TPACK pada materi tekanan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari memperoleh skor rata-rata yaitu 18,77 yang berada pada kategori sedang. (2) Melalui uji t satu sampel, diperoleh bahwa kemampuan prosedural IPA siswa kelas VIII SMP Telkom Makassar setelah dibelajarkan menggunakan pendekatan TPACK pada materi tekanan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari adalah lebih dari skor 10 atau minimal berada pada kategori sedang dan tinggi

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:16
Last Modified: 27 Jun 2023 05:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31472

Actions (login required)

View Item View Item