KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA

Martawijaya, M. A. and Jabir, Jayanti and Aziz, Aisyah KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika.

[img] Text
9408-22783-2-PB.pdf

Download (173kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/9408

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir lateral peserta didik dalam memecahkan masalah fisika. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN Luwu, sebanyak 8 peserta didik. Untuk melihat kemampuan berpikir lateral peserta didik peneliti menggunakan instrumen tes berbasis masalah fisika. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan tes untuk melihat jawaban peserta didik kemudian melakukan wawancara untuk menggali informasi lebih lanjut guna mengetahui proses berpikir peserta didik. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan analisis dengan mereduksi dan mendisplay data sehingga menghasilkan pola berpikir lateral yang disajikan dalam bentuk bagan. Adapun indikator yang menjadi acuan berpikir lateral adalah apabila ada perubahan konsep atau persepsi peserta didik terhadap masalah yang diberikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik sudah mampu berpikir lateral dalam memecahkan masalah fisika. Adapun saran yang diajukan peneliti adalah perlunya untuk memberikan soal-soal fisika bersifat lateral kepada peserta didik untuk merangsang proses berpikirnya.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 24 Jun 2023 01:30
Last Modified: 24 Jun 2023 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31439

Actions (login required)

View Item View Item