SAri, Firda Widya and Muhiddin, Nurhayani H. and Yunus, Sitti Rahma and Saenab, Sitti (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 4 Tanasitolo (Studi Pada Materi Zat Aditif Dan Adiktif). Jurnal IPA Terpadu, 5 (1). pp. 1-8. ISSN e: 2597 – 8985 / p: 2597 - 8977
Text
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar.pdf Download (329kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar dan tanpa diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe make a match pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tanasitolo. Penelitian ini merupakan Quasi Experimental (eksperimen semu) dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 4 Tanasitolo yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel melalui teknik sampling jenuh dan diperoleh kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan VIII 2 sebagai kelas Kontrol. Instrumen tes hasil belajar berupa pilihan ganda berjumlah 25 item soal. Teknik pengumpulan data adalah dengan pemberian Pretest dan Posttest. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe make a match diperoleh skor rata-rata N-Gain 0,62 pada kategori sedang dan kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan model kooperatif tipe make a match yaitu 0,49 pada kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh berdasarkan perbedaan hasil skor rata-rata N-Gain yang diperolah dan hasil belajar peserta didik meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match serta terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1) FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Arsad Bahri |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 05:15 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 05:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31436 |
Actions (login required)
View Item |