Ensiklopedia Digital Tumbuhan Tingkat Tinggi Dengan Fitur QR Code Sebagai Sumber Belajar Dunia Tumbuhan

Aziz, Khalisha and Wiharto, Muhammad and Saenab, Sitti (2018) Ensiklopedia Digital Tumbuhan Tingkat Tinggi Dengan Fitur QR Code Sebagai Sumber Belajar Dunia Tumbuhan. Jurnal Biology Teaching and Learning, 1 (2). pp. 109-120. ISSN 2621-5527 (Print) 2621-5535 (Online)

[img] Text
Ensiklopedia Digital Tumbuhan Tingkat Tinggi Dengan Fitur QR Code Sebagai Sumber Belajar Dunia Tumbuhan.pdf

Download (336kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia digital tumbuhan tingkat tinggi dengan fitur barcode sebagai sumber belajar dunia tumbuhan yang valid dan praktis. Proses pengembangan sumber belajar ensiklopedia digital tumbuhan tingkat tinggi dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yakni Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Dalam penelitian ini dilakuan pemanfaatan teknologi, yaitu smartphone dengan menggunakan aplikasi Quick Respon Code (QR Code) atau kode respon cepat yang dapat menampung informasi deskripsi lengkap spesies tumbuhan berupa teks dan menyandinya menjadi sebuah barcode. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai tiap aspek 4,7 untuk kevalidan yang dapat disimpulkan bahwa pengembangan sumber belajar ensiklopedia digital termasuk dalam kategori “sangat valid” (4,5 ≤ Va 5). Adapun kepraktisan sumber belajar ensiklopedia digital dari segi respon siswa memiliki rata-rata nilai presentase 81,71% yang menunjukkan kategori respon yang positif, serta respon guru memiliki rata-rata nilai presentase 87,41% yang menunjukkan kategori respon yang sangat positif. Kedua hal tersebut menunjukkan bahwa sumber belajar ensiklopedia digital dapat digunakan sebagai sumber belajar yang valid dan praktis dalam kegiatan pembelajaran di luar kelas.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:14
Last Modified: 27 Jun 2023 05:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31422

Actions (login required)

View Item View Item