PENGARUHPENERAPAN MODEL PEMBELAJARANDRAMATISASI TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI CERPENSISWA SDN 194 INPRESSOSSOE KECAMATAN MARUSU KABUPATEN MAROS

MULYA, IIS YUSNITA PUTRI (2016) PENGARUHPENERAPAN MODEL PEMBELAJARANDRAMATISASI TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI CERPENSISWA SDN 194 INPRESSOSSOE KECAMATAN MARUSU KABUPATEN MAROS. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
3. ARTIKEL.docx

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitianini adalah penelitian eksperimen,bertujuanuntukmengetahui:(1)Bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran dramatisasi pada siswa kelas V SDN 194 Inpres Sossoe Kecamatan Marusu Kabupaten Maros? (2) Bagaimana gambaran kemampuan apresiasi cerpen siswa kelas V SDN 194 Inpres Sossoe Kecamatan Marusu Kabupaten Maros? (3) Apakah penerapan model pembelajaaran dramatisasi berpengaruh terhadap kemampuan apresiasi cerpen siswa kelas V SDN 194 Inpres Sossoe Kecamatan Marusu Kabupaten Maros? Populasidalampenelitianiniadalahsemuasiswakelas V SDN 194 InpresSossoeKecamatanMarusuKabupatenMaros yang berjumlah 71 siswa.Sampelpenelitianiniadalahsiswakelas VA dan kelas VB SDN 194 InpresSossoeKecamatanMarusuKabupatenMaros yang masing-masing berjumlah 20 orang.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respon siswaangketrespon siswa, dan tes kemampuan apresiasi cerita. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pada kelas eksperimen rata-rata hasil kemampuan apresiasi cerita siswa adalah 88,5, rata-rata hasil aktivitas siswa adalah 3,57 dan rata-rata hasil respon siswa adalah 3,6. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata hasil kemampuan apresiasi cerita siswa adalah 79,26, rata-rata hasil aktivitas siswa adalah 3,14 dan rata-rata hasil respon siswa adalah 2,9. Dengan demikian dari segi hasil belajar siswa, penerapan model dramatisasi adegan lebih efektif diterapkan pada materi apresiasi cerita. Kata kunci: model pembelajaran dramatisasi, kemampuan apresiasi cerpen

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 05:47
Last Modified: 13 Oct 2017 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3142

Actions (login required)

View Item View Item