POLA PENALARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA DALAM MEMAJUKAN RUMAH TERAPUNG DI DANAU TEMPE

Martawijaya, M. A and Elviana, Besse and Helmi, Helmi POLA PENALARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA DALAM MEMAJUKAN RUMAH TERAPUNG DI DANAU TEMPE. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika.

[img] Text
34440-89741-1-PB.pdf

Download (277kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/34440

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis fenomenografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penalaran fisika peserta didik SMA dalam memajukan rumah terapung di danau tempe. LKPD yang dirancang merujuk pada kearifan lokal di Wajo dengan objek “ Rumah Terapung di danau Tempe”. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Wajo yang menyukai mata pelajaran fisika dan erat kaitannya dengan mata pelajaran IPA yang lain dan pernah berkunjung ke rumah terapung di danau Tempe. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes tulis dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu bernalar dan menggunakan pola penalaran deduktif dan induktif.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:14
Last Modified: 27 Jun 2023 05:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31415

Actions (login required)

View Item View Item