PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PARAGRAF EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAMUJU SULAWESI BARAT

Haseng, Eka Alwiah (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PARAGRAF EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAMUJU SULAWESI BARAT. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (57kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan memodifikasi model Borg & Gall. Modul disusun berdasarkan modifikasi struktur penyusunan modul oleh Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional. Data pada penelitian ini adalah need assessment (analisis kebutuhan), hasil validasi modul, hasil validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), hasil validasi LKS, hasil validasi observasi aktivitas siswa, hasil validasi respon, hasil tes belajar siswa pada latihan 1, latihan 2, tes kompetensi, serta pretest dan posttest. Instrumen pengumpulan data adalah lembar need assesment, validasi modul, validasi RPP, validasi LKS, observasi aktivitas siswa, respon siswa, tes belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah pengujian kevalidan modul, analisis proses, uji normalitas, dan paired samples test, dan kepraktisan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul dinyatakan valid. Efektif berdasarkan hasil tes belajar pada latihan 1 sangat baik, hasil tes belajar pada latihan 2 diperoleh cukup baik, baik, dan sangat baik, hasil tes kompetensi diperoleh baik dan sangat baik, dan praktis. Jadi, modul Ragam Paragraf Eksposisi dalam Bingkai Budaya Mala’bi’ dinyatakan valid, efektif, dan praktis digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam paragraf eksposisi pada kelas X SMA Negeri 1 Mamuju Sulawesi Barat. Kata Kunci: penelitian dan pengembangan (R&D), ragam paragraf eksposisi, modul, kearifan lokal, budaya mala’bi’.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 05:25
Last Modified: 13 Oct 2017 05:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3136

Actions (login required)

View Item View Item