Respon mahasiswa terhadap penggunaan Quick Respon Code (QR Code) pada Matakuliah Botani Tumbuhan Tinggi

Saenab, Sitti and Syamsiah, Syamsiah and Saleh, Andi Rahmat (2017) Respon mahasiswa terhadap penggunaan Quick Respon Code (QR Code) pada Matakuliah Botani Tumbuhan Tinggi. Jurnal Bionature, 17 (1). pp. 58-62. ISSN 2654-5160 (Online)1411-4720 (Cetak)

[img] Text
Respon mahasiswa terhadap penggunaan Quick Respon Code (QR Code) pada Matakuliah Botani Tumbuhan Tinggi..pdf

Download (325kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/bionature

Abstract

Keberadaan Teknologi membantu dan mempermudah kehidupan manusia. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi adalah ditemukannya Quick Response (QR) Code. Pemanfaatan QR Code dalam bidang pendidikan dapat menjadi sebuah sarana untuk menyajikan informasi dalam tempat yang terbatas. Botani Tumbuhan Tinggi merupakan salah satu matakuliah wajib pada Jurusan Biologi. Ruang lingkup matakuliah Botani Tumbuhan Tinggi adalah mempelajari konsep taksa, hirarki taksonomi, perkembangan klasifikasi, sifat-sifat dari suku-suku dalam Divisi pinophyta dan Magnoliophyta dengan contoh contohnya terutama yang bermanfaat bagi manusia. Meninjau ruang lingkup dari matakuliah Botani Tumbuhan Tinggi ini, maka cocok untuk diterapkan QR Code dalam pembelajarannya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Penelitian ini akan menyajikan gambaran tanggapan atau respon mahasiswa setelah penggunaan QR Code dalam pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Biologi UNM yang terdiri atas 2 kelas yang sementara memprogramkan matakuliah Botani Tumbuhan Tinggi tahun ajaran 2015/2016. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa respon mahasiswa yang diperoleh dari angket yang diedarkan kepada mahasiswa setelah pembelajaran dengan penggunaan QR Code. Hasil menunjukkan bahwa untuk item pernyataan positif, sebagian besar mahasiswa berada pada kategori setuju sedangkan untuk pernyataan negatif, sebagian besar mahasiswa berada pada kategori tidak setuju. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan QR Code dalam pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi direspon secara positif oleh mahasiswa biologi.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:13
Last Modified: 27 Jun 2023 05:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31339

Actions (login required)

View Item View Item