Pengaruh Pelaksanaan Pendekatan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SDN 026 Dompu NTB.

YUSNARTI, MULYA (2016) Pengaruh Pelaksanaan Pendekatan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SDN 026 Dompu NTB. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL Mulya Yusnarti.docx

Download (69kB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar Matematika pada materi Bangun Ruang Sederhana yang diperoleh siswa kelas IV SDN 026 Dompu tahun ajaran 2014/2015 masih rendah. Hal ini dalam menyampaikan pembelajaran matematika, guru cenderung menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas yang kurang melibatkan aktivitas siswa dalam melaksanakan berbagai kegiatan pembelajaran. Pembelajaran Matematika dengan Problem Posing dapat dijadikan alternative pendekatan dalam membelajarkan matematika. Pendekatan ini mengarahkan pemahaman siswa pada kenyataan bahwa matematika sangat dekat dengan kehidupan mereka, sehingga belajar Matematika menjadi lebih bermanfaat dan bermakna. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan pendekatan problem posing, seberapa besarkah hasil belajar matematika sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan pendekatan problem posing dan apakah terdapat pengaruh pendekatan problem posing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 026 Dompu NTB. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan problem posing dan hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah pelaksanaan pendekatan problem posing serta melihat pengaruh pendekatan problem posing terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 026 Dompu NTB. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized control group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa untuk kelas eksperimen, dan 22 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrument tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang telah di ujivaliditas dan reliabilitasnya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan problem posing terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sederhana. Analisis data menggunakan uji- t untuk sampel bebas. Data hasil perhitungan perbedaan rata-rata postes kedua kelompok diperoleh nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel Hal tersebut menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh pendekatan problem posing terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sederhana. Kata Kunci: Pendekatan Problem Posing, dan Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 02:59
Last Modified: 13 Oct 2017 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3129

Actions (login required)

View Item View Item