PENANDA ’TURN-TAKING’ ETNIS BUGIS DAN BETAWI DALAM PERCAKAPAN BAHASA INDONESIA DI INDONESIA

Juanda, Juanda and Azis, Azis (2018) PENANDA ’TURN-TAKING’ ETNIS BUGIS DAN BETAWI DALAM PERCAKAPAN BAHASA INDONESIA DI INDONESIA. KEMBARA: (Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya), 4 (2). pp. 179-191. ISSN PISSN 2442-7632 EISSN 2442-9287

[img] Text
PENANDA ’TURN-TAKING’ ETNIS BUGIS DAN BETAWI.pdf

Download (245kB)
Official URL: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/ kembara/artic...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan percakapan menggunakan tanda dalam pengambilan giliran bicara ’turn-taking’. Turn-taking bagi partisipan memiliki karakteristik berdasarkan latar belakang budaya bagi etnis yang terlibat sebagai partisipan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis interaksi dalam percakapan dan giliran bicara ’turn -taking’ beserta penada-penandanya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis percakapan. Sumber data diambil dari dialog lisan partisipan etnis Betawi dan etnis Bugis. Pengambilan data dengan teknik perekaman. Analisis data menggunakan Model Alir Miles dan A. Michael Huberman. Hasil penelitian menunjukkan interaksi percakapan ’turn -taking’ etnis Bugis dan Betawi didominasi oleh penutur yang lebih senior dan yang memiliki wawasan pengetahuan yang luas. Penutur yang lebih yunior memiliki fekuensi giliran bicara yang minimal. Pause atau diam yang agak lama terjadi pada saat akan pergantian topik. Penanda transisi dalam turn-taking umumnya kata sapaan dan seruan seperti Hen, Hah, Iye, Kok, Yah, Hm., Aah, kalo gitu, Ok, Siang Bu! Siang Mas!, Ya, itu, lho,Nih. Penanda ini dipengaruhi oleh latar belakang bahasa ibu dan etnis partisipan. Kata Kunci: Penanda, turn-taking, Bugis, dan Betawi

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:26
Last Modified: 23 Jun 2023 03:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31224

Actions (login required)

View Item View Item