Pengaruh Iklim Keluarga dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII SMP di Kecamatan Messawa Kabupaten Mamasa (Dibimbing oleh Muhammad Jufri dan A. Mushawwir Taiyeb )

LENNY, PALIN (2014) Pengaruh Iklim Keluarga dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII SMP di Kecamatan Messawa Kabupaten Mamasa (Dibimbing oleh Muhammad Jufri dan A. Mushawwir Taiyeb ). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Lenny Palin. 2014..docx

Download (15kB)

ABSTRAK LENNY PALIN, Pengaruh Iklim Keluarga dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII SMP di Kecamatan Messawa Kabupaten Mamasa (Dibimbing oleh Muhammad Jufri dan A. Mushawwir Taiyeb ) Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui pengaruh iklim keluarga terhadap prestasi belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Messawa Kabupaten Mamasa, (ii) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Messawa Kabupaten Mamasa, dan (iii) untuk mengetahui pengaruh iklim keluarga dan kecerdasan emosional secara bersama – sama terhadap prestasi belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Messawa Kabupaten Mamasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Sampel penelitian sebanyak 118 siswa, diperoleh dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan nilai semester ganjil tahun 2013/2014. Teknik analisis data secara deskriptif dan inferensial (regresi ganda). Hasil menunjukkan bahwa iklim keluarga terhadap prestasi belajar IPA Biologi diperoleh Fhitung sebesar 23,721 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang kurang dari 0,05 atau (p ≤ 0,05), kecerdasan emosional diperoleh Fhitung sebesar 64,412 dengant ingkat signifikansi 0,000 yang kurang dari 0,05 atau (p ≤ 0,05), sedangkan nilai Fhitung iklim keluarga dan kecerdasan emosional secara bersama – sama terhadap prestasi belajar IPA Biologi yaitu 33,992 dengan signifikansi 0,000 yang kurang dari 0,05 atau (p ≤ 0,05). Kesimpulan bahwa, (i) terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim keluarga terhadap prestasi belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP sekecamatan Messawa, (ii) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP sekecamatan Messawa, dan (iii) terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim keluarga dan kecerdasan emosional secara bersama – sama terhadap prestasi belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP sekecamatan Messawa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI > B Philosophy (General)
Divisions: ?? sch_bio ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:51
Last Modified: 26 Apr 2016 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item