PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES MARISO III KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR

SITTI SUDARMIN S (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES MARISO III KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul pertama sitti sudarmin s.docx

Download (18kB)
[img] Text
sampul kedua sitti sudarmin.s.docx

Download (1MB)
[img] Text
asli file skripsi terbaru sitti sudarmin.s.docx

Download (585kB)

Abstract

Sitti Sudarmin S, 2017. Penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Mariso III Kecamatan Mariso Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Latang,. M.Pd dan Hamzah Pagarra, S.Kom, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres Mariso III Kecamatan Mariso Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres Mariso III Kecamatan Mariso Kota Makassar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Jika model pembelajaran advance organizer diterapkan pada mata pelajaran IPS, maka hasil belajar siswa di kelas IV SD Inpres Mariso III Kecamatan Mariso Kota Makassar meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran advance organizer dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini bertempat di kelas IV SD Inpres Mariso III Kecamatan Mariso Kota Makassar dengan subyek penelitian sebanyak 24 siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai pengajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi proses hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Sedangkan segi hasil pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulannya adalah bahwa dengan menerapkan model pembelajaran advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Mariso III Kecamatan Mariso Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:03
Last Modified: 23 Jun 2023 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31189

Actions (login required)

View Item View Item