Relevansi Kurikulum Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM dengan Profil Ideal Guru Kejuruan Bidang Elektronika

Mantasia, Mantasia and Hasanah, Nur (2016) Relevansi Kurikulum Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM dengan Profil Ideal Guru Kejuruan Bidang Elektronika. Other. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNM.

[img] Text
Suket dan Dokumen Laporan Penelitian 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Peer Review Penelitian-Relevansi Kurikulum Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM d.pdf

Download (152kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis tingkat relevansi kurikulum Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM dengan Profil Guru Kejuruan Teknik Elektronika yang dibutuhkan di SMK. Jenis penelitian adalah penelitian survey, dengan tujuan khusus, yakni: (1) mengetahui gambaran Kurikulum Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM; (2) mengetahui gambaran Profil Ideal Kompetensi Guru Kejuruan Teknik Elektronika yang dibutuhkan di SMK; (3) Mengetahui tingkat relevansi kurikulum Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT�UNM dengan Profil Guru Kejuruan Teknik Elektronika yang dibutuhkan di SMK. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika FT�UNM dan di SMK di Kota Makassar. Survey di Program studi Pendidikan Teknik Elektronika untuk mengkaji beberapa hal berhubungan dengan relevansi kurikulum, yakni: (1) dokumen kurikulum berupa sejumlah mata kuliah, (2) program pembelajaran, (Kontrak Kuliah, RPS, materi ajar, dan perangkat penilaian, (3) aktivitas dan strategi pembelajaran, dan (4) hasil belajar. Sedangkan, survey di SMK adalah untuk menyaring data tentang kompetensi ideal seorang guru SMK. Populasi penelitian ini adalah Guru SMK Teknologi dan Rekayasa berjumlah 40 sekolah, mahasiswa PPL, Dosen Program studi Pendidikan Teknik Elektronika. Sampel diambil secara proportionate Stratified Random Sampling. Sumber data dalam penelitian ini, yakni: (a) Wakil kepala sekolah bagian kurikulum; (b) Guru Produktif bidang elektronika; (c) Mahasiswa PPL; (d) pejabat jurusan; dan (e) Dosen Prodi Pendidikan Teknik Elektronika (PTA). Teknik analisa data menggunakan statistik diskriptif yang menyajikan data: (a) distribusi frekuensi setiap variabel, (b) ukuran tendensi sentral (mean, median, modus) dan (c) ukuran dispersi (standar deviasi, dan varian). Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah tingkat relevansi kurikulum Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM dengan profil ideal Guru Kejuruan Bidang elektronika yang dibutuhkan di SMK. Kata Kunci: Relevansi, kurikulum, profil, ideal, guru kejuruan

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr. Hendra Jaya MPd
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:21
Last Modified: 27 Jun 2023 05:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31159

Actions (login required)

View Item View Item