Penerapan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Anggreni, Anggreni and RAPI, MUHAMMAD and Saleh, Muhammad (2023) Penerapan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. SOCIETIES: Journal of Social Sciences and Humanities, 3 (1). pp. 30-39. ISSN 2775-6645

[img] Text (Artikel)
Penerapan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan.pdf

Download (155kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/societies/article/view/43681

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks narasi menggunakan media puzzle pada siswa kelas VII SMPN 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII SMPN 1 Liliriaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 1 Liliriaja sejumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes menulis teks narasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII A SMPN 1 Liliriaja meningkat dengan menggunakan media puzzle. peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil observasi dan nilai rata-rata keterampilan menulis teks narasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Nilai rata-rata juga meningkat dari 51,38 pada prasiklus menjadi 53,84 pada siklus I dan 71,84 pada siklus II.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 22 Jun 2023 11:51
Last Modified: 22 Jun 2023 11:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31139

Actions (login required)

View Item View Item