PROFESIONALISME DAN IMPLEMENTASI VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MAKASSAR

Italia, Italia (2016) PROFESIONALISME DAN IMPLEMENTASI VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (44kB)

Abstract

Abstrak Pendidikan yang semakin maju, guru dituntut untuk menjadi guru yang professional. Peran guru professional dan implementasi variasi mengajar guru sangat penting dalam memotivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (i) mendeskripsikan dan menganalisis peranan profesionalisme guru dalam memotivasi belajar sejarah siswa SMA Negeri 15 Makassar (ii) mendeskripsikan dan menganalisis peranan implementasi variasi gaya mengajar guru dalam memotivasi belajar sejarah siswa SMA Negeri 15 Makassar (iii) mengidentifikasi dan menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat implementasi variasi gaya mengajar guru dalam memotivasi belajar sejarah siswa SMA Negeri 15 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (i) observasi (ii) wawancara (iii) dokumentasi. Tahap analisis data yaitu (i) pengumpulan data (ii) proses pemilihan dan penyusunan data (iii) pengecekan keabsahan data. Hasil Penelitian ini menujukkan bahwa profesionalisme guru dapat menumbuhkan motivasi belajar sejarah siswa di SMA Negeri 15 Makassar. Profesionalisme guru memiliki peran yang sangat penting yaitu (i) mendidik siswa untuk bersikap disiplin dalam mengumpulkan tugas maupun menaati tata tertib sekolah (ii) mempermudah siswa dalam memahami materi sejarah (iii) menambah ilmu pengetahuan tentang pemanfaatan TIK (iv) membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan (v) mendidik siswa untuk bersikap adil dan tidak diskriminatif (vi) membantu siswa mengurangi rasa bosan dan jenuh saat belajar sejarah. Peran implementasi variasi gaya mengajar guru yaitu (i) guru akan mampu membaca situasi dan mengganti metode lain jika tidak sesuai dengan rencana pembalajaran (ii) menciptakan pembelajaran yang kondusif dan tidak membosankan (iii) memudahkan siswa mamahami materi sejarah (iv) menumbuhkan motivasi belajar sejarah siswa (v) mempermudah interaksi siswa dengan guru (vi) membantu siswa bersikap percaya diri (vii) memudahkan guru memahami karakteristik masing-masing siswa (vii) membentuk sikap positif terhadap guru. Faktor pendukung Implementasi variasi gaya mengajar guru di SMA 15 Makassar yaitu (i) guru menguasai materi (ii) Kreativitas guru, dan faktor penghambatnya adalah (i) guru tidak menguasai materi dengan baik (ii) kondisi fisik dan psikis siswa yang kurang mendukung. Kata Kunci : Profesionalisme, Implementasi Variasi Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:35
Last Modified: 13 Oct 2017 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3113

Actions (login required)

View Item View Item