Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bantaeng Kabupaten Bantaeng

HASLIDA, HASLIDA (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bantaeng Kabupaten Bantaeng. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK , . (Dibimbing oleh Suradi Tahmir dan Patahuddin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS pada siswa kelasa VII.2 SMP Negeri 2 Bantaeng (ii) aktivitas siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS pada siswa kelasa VII.2 SMP Negeri 2 Bantaeng (iii) respon siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bantaeng (iv) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action researc) yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII. 2 SMP Negeri 2 Bantaeng dengan jumlah siswa 24 Orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 11 orang Prempuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Teknik analisis data untuk data aktivitas siswa menggunakan rumus persentase sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan statistik deskriptif yang meliputi: rata-rata, rentang/jangkauan, dan standar deviasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII. 2 SMP Negeri 2 Bantaeng Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini di tunjukkan dengan nilai siswa sebelum tindakan hanya mencapai ketuntasan 75% (18 siswa), sedangkan setelah pelaksanaan siklus 1 ketuntasan nilai siswa dalam pembelajaran meningkat menjadi 85% (21 siswa), dan pelaksanaan siklus II ketuntasan nilai siswa dalam pembelajaran mencapai 100% (24 Siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:31
Last Modified: 13 Oct 2017 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3112

Actions (login required)

View Item View Item