Juanda, Juanda NILAI DIDAKTIS CERITA FABEL BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP/ MTs KURIKULUM 2013 DAN APLIKASINYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Seminar Nasional: Memperkukuh Peran APROBSI dalam Mewujudkan Kemitraan dan Pemberdayaan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang Mandiri. pp. 731-747.
Text
Nilai Didaktis Fabel Prosiding Nasional APROBSI 2016 Dr Juanda M Hum (Revisi) .pdf Download (500kB) |
Abstract
Materi ajar sastra dan pengajarannya di sekolah merupakan salah satu sarana yang berperan penting dalam pembentukan perilaku peserta didik. Karya sastra, cerita fabel memiliki nilai-nilai didaktis. Oleh karena itu, peserta didik harus memahami nilai didaktis yang terdapat dalam karya sastra yang dipelajarinya. Nilai-nilai didaktis yang tertdapat dalam cerita fabel buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII Kurikulum 2013, yaitu: bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, sopan, peduli, toleransi, bekerja sama, cerdik, bersahabat, komunikatif, dan pemaaf. Ada empat hal yang berperan dalam pembentukan karakter di lingkungan sekolah, yaitu: Siswa membutuhkan performansi karakter (melaksanakan pekerjaan berdasarkan etika, disiplin, ketekunan, inisiatif, kerja sama, dan lain-lain; Siswa mengembangkan performansi karakter mereka seperti keterampilan, bekerja keras, mengaplikasikan buah pikiran yang positif, melaksanakan pekerjaan dalam hal ini pekerjaan yang baik untuk dilakukan, dan lain-lain, seperti selalu menyelesaikan pekerjaan rumah mereka; Siswa membutuhkan karakter moral dengan melakukan hal-hal yang positif yang berkaitan dengan pembelajaran lingkungan; Siswa mengembangkan karakter moral dari pekerjaan rumah mereka, membantu mereka bekerja sama untuk melaksanakan pekerjaan mereka yang baik. Kata Kunci: Nilai Didaktis, Fabel, Karakter, dan Kurikulum 2013.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 09:12 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 09:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31117 |
Actions (login required)
View Item |