PROFIL PENALARAN STATISTIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI IPA SMA DDI ALLIRITENGAE KABUPATEN MAROS

Nurdin, Nurdin (2016) PROFIL PENALARAN STATISTIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI IPA SMA DDI ALLIRITENGAE KABUPATEN MAROS. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Artikel Nurdin PPs UNM.docx

Download (38kB)

Abstract

THE PROFILE OF STATISTICAL REASONING BASED ON MATHEMATICS COMMUNICATION ABILITY OF STUDENTS IN GRADE XI EXACT AT SENIOR HIGH SCHOOL DDI ALLIRITENGAE MAROS DISTRICT ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan komunikasi matematika dengan kemampuan penalaran statistis siswa dan mendeskripsikan profil penalaran statistis berdasarkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA DDI Alliritengae kabupaten Maros dengan teknik total sampling. Subjek penelitian dikelompokkan tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah dengan masing-masing terdiri dari 2 orang siswa. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang dipadu dengan tes kemampuan komunikasi matematika, tes penalaran statistis, pedoman wawancara, serta melakukan triangulasi metode untuk mendapatkan data yang valid. Data dianalisis statistik non parametrik dengan uji chi square dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat asosiasi antara kemampuan komunikasi matematika dengan kemampuan penalaran statistis pada siswa kelas XI IPA SMA DDI Alliritengae Kabupaten Maros dengan nilai signifikansi chi-square < 0,001. Adapun karakteristik penalaran statistis siwa pada ketiga kategori kemampuan komunikasi matematika (tinggi, sedang, dan rendah) yaitu dapat mengumpulkan informasi/fakta pada soal sebagai pendukung dalam menyelesaikan soal, pada soal dengan situasi kontekstual siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya, memperkirakan nilai untuk salah satu datum yang belum diketahui nilainya dengan memanfaatkan konsep modus selanjutnya mencari nilai datum lain yang belum diketahui dengan memanfaatkan rata-rata yang telah diketahui, terkait menyimpulkan diagram siswa belum memberikan informasi pokok sebagai kesimpulan data yang disajikan diagram, sementara itu terkait ukuran pemusatan, siswa tidak memahami penggunaan ukuran pemusataan pada situasi tertentu dan mengapa digunakan. Hal yang membedakan yaitu siswa dengan kemampuan komunikasi matematika tinggi dapat menyelesaikan beberapa soal dengan situasi yang lebih kontekstual terkait ukuran statistik, menerapkan lebih dari satu metode dalam menentukan ukuran-ukuran statistik (mean, dan median), cenderung memahami pentingnya mengorganisasi data sebagai langkah awal dalam membuat sebuah kesimpulan yang bersifat umum, dapat memilih penyajian data yang tepat dengan cepat dan mengaitkan dengan konsep-konsep prasyarat dalam menyajikan diagram, serta dapat merepresentasi data dalam bentuk diagram batang dengan lebih baik. Kata Kunci: Penalaran Statistis, dan Kemampuan Komunikasi Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:24
Last Modified: 13 Oct 2017 01:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3108

Actions (login required)

View Item View Item