Peningkatan Kemampuan Proses Kognisi Mahasiswa Melalui Penggunaan Lembar Kerja

Azis, Andi Asmawati and Adnan, Adnan and Bahri, Arsad (2011) Peningkatan Kemampuan Proses Kognisi Mahasiswa Melalui Penggunaan Lembar Kerja. In: Seminar Nasional Lesson Study 4 Peran Lesson Study Dalam Meningkatkan Profesionalitas Pendidikdan Kualitas Pembelajaran Secara Berkelanjutan.

[img] Text
63.pdf

Download (436kB)
Official URL: https://core.ac.uk/download/pdf/161853148.pdf

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan proses kognisi mahasiswa melalui penggunaan lembar kerja. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2011/2012 dengan objek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2010 pada mata kuliah Perkembangan Hewan. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas 2 siklus dengan menerapkan lesson study pada setiap siklusnya. Tahapan lesson study meliputi tahapan plan, do dan see. Tahapan plan meliputi penyusunan Silabus dan RPP serta Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang dilakukan secara bersama-sama oleh tim dosen. Selanjutnya tahapan do adalah penerapan langsung pada proses perkuliahan di kelas sesuai dengan RPP yang telah disusun. Pada kegiatan inti, digunakan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan LKM. Tahapan yang ketiga adalah see yang meliputi kegiatan refleksi proses perkuliahan yang telah dilaksanakan. Evaluasi akhir mengenai kemampuan mahasiswa pada berbagai dimensi proses kognitif dilakukan dengan menganalisis LKM yang telah diselesaikan oleh mahasiswa. Selanjutnya, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya mahasiswa mampu berpikir pada level kognisi C1 dan C2, sedangkan kemampuan berpikir pada level C4, C5 dan C6 tergolong rendah. Aktivitas mahasiswa selama berlangsungnya pembelajaran baik pada open lesson 1 maupun pada lesson 2 sangat menggembirakan. Secara umum mahasiswa aktif dan fokus pada masalah pembelajaran mulai dari awal hingga akhir. Mahasiswa aktif melakukan tanya jawab dan diskusi di dalam kelompoknya maupun pada saat dilakukan diskusi kelas. Mereka sudah lebih berani mengemukakan pertanyaan-pertanyaan, dan mengungkapkan pendapatnya terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Kesimpulannya, penggunaan LKM dalam proses pembelajaran mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan proses kognisi mahasiswa. Lesson study dengan penggunaan lembar kerja akan meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:34
Last Modified: 22 Jun 2023 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31079

Actions (login required)

View Item View Item