PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA SDN MONGISIDI II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

SRI ASTUTI PUJI LESTARI (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA SDN MONGISIDI II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul dll tucan.docx

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR ISI fix.docx

Download (25kB)
[img] Text
Skripsi tucan OK.docx

Download (3MB)

Abstract

SRI ASTUTI PUJI LESTARI, 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa SDN Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd.,M.Pd. dan dan Dr.Suarlin.S.Pd.,M.Si. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa SDN Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan memilih satu kelas eksperimen yaitu kelas VB dengan jumlah 39 siswa dengan sampel yang hadir dalam penelitian yaitu 37 siswa dan satu kelas kontrol yaitu VA dengan jumlah 37 siswa dengan sampel yang hadir dalam penelitian yaitu 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa berhasil, hal tersebut dibuktikan dengan (nilai Asymp sig (2-tailed) < 0,05). Adanya perbedaan belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada tes akhir (posttest) berada pada kategori sangat memuaskan dan terdapat perbedaan (nilai Symp Sig. (2-tailed<0,05). Adanya perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada tes akhir (posttest) menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap Hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa SDN Mongisidi II Kcamatan Makassar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:25
Last Modified: 22 Jun 2023 07:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31073

Actions (login required)

View Item View Item