HUBUNGAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS TINGGI SD INPRES TIDUNG II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Nurfahmi (2023) HUBUNGAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS TINGGI SD INPRES TIDUNG II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL LENGKAP 2007.doc

Download (1MB)
[img] Text
BAB I 2007.doc

Download (47kB)
[img] Text
BAB II 2007.doc

Download (100kB)
[img] Text
BAB III (Repaired) 2007.doc

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 2007.doc

Download (36kB)
[img] Text
00. LAMPIRAN 2007.doc

Download (27kB)

Abstract

Nurfahmi, 2017 Hubungan Minat Baca dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Suarlin, S.Pd., M.Si dan Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya minat baca siswa kelas tinggi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana gambaran minat baca siswa kelas tinggi SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. 2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa kelas tinggi? 3) Apakah ada hubungan antara minat baca dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas tinggi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran minat baca siswa kelas tinggi? 2) Gambaran hasil belajar siswa kelas tinggi 3) Hubungan antara minat baca dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas tinggi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskrptif. Jenis penelitian menggunakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas tinggi SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan adalah 37 siswa dengan teknik penarikan sampel yaitu random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan skala minat baca. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisi inferensial menggunakan pengujian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran minat baca siswa siswa kelas tinggi berada pada kategori tinggi. 2) Gambaran hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas tinggi berada pada kategori tinggi. 3) Tidak ada hubungan antara minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas tinggi SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:19
Last Modified: 22 Jun 2023 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31068

Actions (login required)

View Item View Item