Metode Pembelajaran Group Resume dalam Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Studi Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bantaeng

SUDARMONO, SUDARMONO (2016) Metode Pembelajaran Group Resume dalam Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Studi Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bantaeng. S2 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)

ABSTRAK . . (dibimbing oleh Andi Agustang serta Hamsu A. Gani) Sosiologi merupakan mata pelajaran yang pada hakikatnya bukanlah semata-mata ilmu murni (pure science) yang hanya mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak demi usaha peningkatan kualitas ilmu itu sendiri, namun sosiologi bisa juga menjadi ilmu terapan (applied science) yang menyjikan cara-cara untuk mempergunakan pengetahuan ilmianya guna memecahkan masalah praktis atau masalah social yang perlu ditanggulangi. Selama ini pembelajaran Sosiologi pada murid kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bantaeng masih bersifat monoton dan kurang menarik, Sehingga setiap pelajaran berlangsung, siswa jadi kurang tertarik dan kurang berminat dalam mengikuti pelajarannya. Oleh karena iturumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bantaeng (ii) Apakah Metode Pembelajaran Group Resumedapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi di kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bantaeng?Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bantaeng. (ii) Untuk mengetahui apakah Metode Pembelajaran Group Resumedapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi di kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 SMAN1 Bantaeng dengan jumlah siswa 31 orang.Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi. Teknik analisis data untuk data aktivitas siswa menggunakan rumus persentase sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan statistik deskriptif yang meliputi: rata-rata, rentang/jangkauan, variasi, dan standar deviasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Resumedapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Bantaeng Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata aktivitas pra tindakan adalah 33,33%, kemudian meningkat menjadi 69,44% pada siklus I dan menjadi 86,85% pada siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar pretestadalah 13,81 meningkat menjadi 75,96 pada siklus I dan menjadi 84,56 pada siklus II. Hasil angket respons siswa sebanyak 82,01% siswa memberikan respon positif terhadap bentuk dan komponen pembelajaran yang diberikan oleh guru dan sebanyak 80,56% siswa memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran yang disajikan oleh guru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:18
Last Modified: 13 Oct 2017 01:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3105

Actions (login required)

View Item View Item