Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Pa’jukukang Bantaeng Tahun 2016

RAMLAWATI, RAMLAWATI (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Pa’jukukang Bantaeng Tahun 2016. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK . . (Dibimbing oleh Hamsu A. Gani dan Patahuddin). Kurangnya minat siswa terhadap pelajaran IPS karena menganggap pelajaran IPS adalah pelajaran yang tidak penting sehingga siswa tidak terbiasa mengungkap ide-ide yang dimilikinya, serta tidak adanya rasa percaya diri dalam mengungkap gagasan atas pengetahuan awal yang dimilikinya yang berimplikasi pada menurunnya hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Pa’jukukang sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang bisa menjadi solusi dan salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Pa’jukukang Bantaeng? (ii) Bagaimanakah aktivitas dan minat siswa dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pa’jukukang Bantaeng? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pa’jukukang Bantaeng melalui pendekatan kooperatif tipe STAD. (ii) untuk mengetahui aktivitas dan minat siswa dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Pa’jukukang Bantaeng melalui pendekatan kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII A SMP Negeri 1 Pa’jukukang dengan jumlah siswa 31 orang terdiri dari orang siswa 11 laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi. Teknik analisis data untuk data aktivitas siswa menggunakan rumus persentase sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan statistik deskriptif yang meliputi: rata-rata, rentang/jangkauan, variasi, dan standar deviasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata aktivitas pra tindakan adalah 33,33%, kemudian meningkat menjadi 69,44% pada siklus I dan menjadi 86,85% pada siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar pretest adalah 13,81 meningkat menjadi 75,96 pada siklus I dan menjadi 84,56 pada siklus II. Hasil angket respons siswa sebanyak 82,01% siswa memberikan respon positif terhadap bentuk dan komponen pembelajaran yang diberikan oleh guru dan sebanyak 80,56% siswa memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran yang disajikan oleh guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:15
Last Modified: 13 Oct 2017 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3104

Actions (login required)

View Item View Item