PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES MINASA UPA I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ST HARDILAWATI M (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES MINASA UPA I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul utama.docx

Download (29kB)
[img] Text
MOTTO halanm v sdh revisi.docx

Download (17kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI halamn iv sdh revsi.docx

Download (17kB)
[img] Text
Abstrak halmn vi sdh d revisi.docx

Download (19kB)
[img] Text
PRAKATA halmn vii sdh revsi.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI sdh d revisi.docx

Download (26kB)
[img] Text
ISI skripsi.docx

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (13MB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (43kB)

Abstract

ST HARDILAWATI M 2017, Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nur Abidah Idrus,S.Pd.,M.Pd. dan Hikmawati Usman,S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang Penerapan Metode Eksperimen Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini, bagaimanakah penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada pada siswa kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, Pelaksanaan, observasi dan refleksi, sekaligus merupakan rancangan dalam penelitian ini yang dilaksanakan selama 2 siklus. Fokus Penelitian yaitu perencanaan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV. Subjek penelitian adalah seorang guru dan siswa kelas IV sebanyak 30 orang yang terdiri dari 21 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi,tes,dan dokumentasi. Data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen meningkatan hasil belajar IPA Pada siswa Kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, serta peningkatan tes hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA pada siklus 1 berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:12
Last Modified: 22 Jun 2023 06:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31031

Actions (login required)

View Item View Item