SAMAD, NUR ASNIH and Syukur, Muhammad (2018) POLA ASUH ORANGTUA SISWA BERPRESTASI DI SMA NEGERI 1 SEGERI KABUPATEN PANGKEP. Jurnal Sosialisasi, 5 (1). pp. 91-96. ISSN 2722-3086
Text (Jurnal Ilmiah)
POLA ASUH ORANGTUA SISWA BERPRESTASI.pdf Download (345kB) |
|
Text (Hasil Turnitin)
1. POLA ASUH ORANGTUA SISWA BERPRESTASI.pdf.pdf Download (401kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Pola Asuh Orangtua Siswa Berprestasi di SMA Negeri 2 Pangkep; 2) mengetahui faktor yang mempengaruhi pola asuh orangtua siswa berprestasi di SMA Negeri 2 Pangkep. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan jumlah informan 10 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu siswa mendapat prestasi baik disekolah sebanyak 5 orang beserta orangtuanya sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahap mereduksi data, mendisplaykan data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu member check, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran pola asuh orangtua siswa berprestasi yaitu jenis pola asuh demokrasi, gaya pengasuhan demokrasi (authoritative) mendorong anak untuk mandiri, namun masih menempatkan batas dan kendali pada tindakan mereka. Gaya ini biasa mengakibatkan perilaku anak berkompeten secara sosial. 2) Faktor yang mempengaruhi pola asuh orangtua siswa berprestasi yaitu, tingkat pendidikan orangtua yang rendah, status ekonomi orangtua, dan jenis kelamin. Kata kunci: Pola asuh orangtua
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Nuhasni Muis |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 09:07 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 09:07 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30919 |
Actions (login required)
View Item |