Peningkatan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas X1 SMAN 12 Cenrana Kabupaten Maros. (Dibimbing oleh Muh. Danial dan Muh Junda)

ANGGRIANi, IDRUS (2014) Peningkatan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas X1 SMAN 12 Cenrana Kabupaten Maros. (Dibimbing oleh Muh. Danial dan Muh Junda). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Anggriani Idrus.2014.docx

Download (14kB)

ABSTRAK ANGGRIANI IDRUS. Peningkatan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas X1 SMAN 12 Cenrana Kabupaten Maros. (Dibimbing oleh Muh. Danial dan Muh Junda) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar biologi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas X1 SMAN 12 Cenrana Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X1 SMAN 12 Cenrana Kabupaten Maros yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas, lembar angket motivasi, dan tes hasil belajar. Lembar observasi aktivitas dan angket motivasi dianalisis dengan deskriptif kuantitatif menggunakan teknik persentase sedangkan tes hasil belajar dianalisis dengan menghitung rata-rata nilai tes hasil belajar tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada kelas X1 SMAN 12 Cenrana Kabupaten Maros tahun pelajaran 2013/2014. Pada siklus I aktivitas belajar biologi peserta didik rata-rata 53,71% dan pada siklus II rata-rata aktivitas mencapai 70,29%, (ii) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada kelas X1 SMAN 12 Cenrana Kabupaten Maros tahun pelajaran 2013/2014. Pada siklus I motivasi belajar biologi peserta didik sebesar 77,14% berada pada kategori tinggi dan pada siklus II meningkat menjadi 91,43% berada pada kategori tinggi, (iii) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas X1 SMAN 12 Cenrana Kabupaten Maros tahun pelajaran 2013/2014.Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar biologi peserta didik sebesar 62,86% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,43%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:51
Last Modified: 06 Apr 2017 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item