Meningkatkan Partisipasi Dan Interaksi Belajar Dengan Penerapan Model Learning Communities

Krismanto, Wawan (2015) Meningkatkan Partisipasi Dan Interaksi Belajar Dengan Penerapan Model Learning Communities. Jurnal Kependidikan, 14 (2). pp. 223-230. ISSN 1412-6087

[img]
Preview
Text
1.jurnal-kependidikan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran learning communities untuk meningkatkan tingkat partisipasi dan interaksi belajar mahasiswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan model pembelajaran learning communities mampu menjembatani mahasiswa dalam meningkatkan tingkat partisipasi dan interaksi belajar mereka. Selain itu, proses pembelajaran dengan model pembelajaran learning communities memberi kesempatan baik aktivitas, ruang dan waktu kepada mahasiswa untuk melakukan proses konstruksi pengetahuan dan pemahaman baik secara individu maupun sosial pada saat mereka belajar. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran learning communities mampu mendorong mahasiswa mencapai hasil belajar yang memuaskan. Kata kunci: learning communities, partisipasi belajar, interaksi belajar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: learning communities, partisipasi belajar, interaksi belajar
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Wawan Krismanto
Date Deposited: 11 Oct 2017 23:42
Last Modified: 11 Oct 2017 23:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3087

Actions (login required)

View Item View Item