PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VII PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 WATAMPONE

Marsa, Marsa (2016) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VII PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 WATAMPONE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(2) JURNAL Marsa.docx

Download (59kB)

ABSTRAK: Paradigma pendidikan menuntut perubahan pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pembelajaran dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pendekatan ilmiah adalah pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pendekatan ilmiah merupakan lembaran kerja peserta didik yang berisikan petunjuk untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan oleh peserta didik dengan mengaplikasikan pendekatan ilmiah yang melalui tahapan-tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui aktivitas belajar IPA Biologi peserta didikkelas VII SMP Negeri 2 Watampone yang diajar dengan menggunakan LKPD berbasis pendekatan ilmiah, (2) mengetahui hasil belajar IPA Biologi peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Watampone yang diajar dengan menggunakan LKPD berbasis pendekatan ilmiah, dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis pendekatan ilmiah terhadap hasil belajar IPA Biologi peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Watampone. Penelitian ini merupakan peneltian pre eksperimen dengan desain one grouppretest-posttest design. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII semester genap tahun pelajaran 2015/2016, yaitu kelas VII A sebanyak 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen tanpa kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan LKPD berbasis pendekatan ilmiah berada pada kategori sangat aktif, (2) hasil belajar peserta didik setelah diajar dengan menggunakan LKPD berbasis pendekatan ilmiah mencapai nilai rata-rata 83,13 dengan standar deviasi 9,143, dan (3) Peningkatan kemampuan peserta didik setelah diajar dengan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis pendekatan ilmiah berada pada klasifikasi tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Oct 2017 06:55
Last Modified: 11 Oct 2017 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3085

Actions (login required)

View Item View Item