PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENTFACILITATORANDEXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES KAMPUS IKIP KOTA MAKASSAR

irman R, irman R (2016) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENTFACILITATORANDEXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES KAMPUS IKIP KOTA MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL irman.docx

Download (62kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian iniadalah untuk menggambarkan implementasi model Student Facilitator And Explaining pada pembelajaran IPA, hasil belajar, dan menguji pengaruh implementasi model Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan trueeksperimental design yaitu dengan pre-test-post-test-control group design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel: Variabel bebas yaitu model Student Facilitator And Explaining, dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar tahun ajaran 2016/2017, berjumlah 54siswa yang terdiri dari 2 (dua) kelas. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perangkat pembelajaran (rencana pelaksaan pembelajaran, lembar kerja siswa, buku ajar), tes hasil belajar, lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) penerapan model Student Facilitator And Explaining dalam pembelajaran 1PA di kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar yang terdiri dari tahap observasi, tahap perumusan masalah, tahap membuat hipotesis, tahap pengumpulan data dan tahap membuat kesimpulan, pada umumnya terlaksana dengan baik, (ii) hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Kampus 1KIP Kota Makassar sebelum penerapan model Student Facilitator And Explaining beradapada kategori sangat kurang pada kelompok kontrol maupun pada kelompok eksperimen. Setelah diberi perlakuan yaitu penerapan model Student Facilitator And Explaining pada kelompok eksperimen dan direct method pada kelompok kontrol, maka terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada kedua kelompok menjadi tingkat basil belajar siswa kategori baik sekali pada kelompok eksperimen dan kategori cukup pada kelompok kontrol, (iii) terdapat pengaruh penerapan model Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SD Inpres Kampus IKIP kota Makassar Kata Kunci : Model pembelajaran Student Facilitator And Explaining, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Oct 2017 06:31
Last Modified: 11 Oct 2017 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3083

Actions (login required)

View Item View Item