Pengembangan Pembeajaran Mata Kuliah Perangkat Keras Menggunakan Gnomio pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar

RAHMAN, SRI PURNAMASARI (2016) Pengembangan Pembeajaran Mata Kuliah Perangkat Keras Menggunakan Gnomio pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan Learning Management System (LMS) Mata Kuliah Perangkat Keras pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall dengan tahapan (1) research and information collecting (2) planning, (3) develop preliminary form of product (4) preliminary field testing (5) main product revision (6) main field resting, (7) Final product revision. LMS telah divalidasi oleh dua orang ahli dan dinyatakan layak untuk digunakan. LMS diujicoba sebanyak tiga kali, yaitu uji coba satu-satu yang melibatkan tiga orang mahasiswa, uji coba kelompok kecil yang melibatkan tujuh orang dan uji coba lapangan yang melibatkan 30 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LMS dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi. LMS dinyatakan memenuhi kriteria kepraktisan karena seluruh aspek pembelajaran terlaksana seluruhnya. LMS telah memenuhi kriteria efektifitas dengan hasil: (1) memenuhi syarat validitas, (2) aktifitas mahasiswa terlaksana seluruhnya, (3) aktifitas dosen terlaksana seluruhnya dan (4) respon mahasiswa terhadap LMS berada pada kategori positif. Kata kunci: Pengembangan, Learning Management System, Moodle, Gnomio.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Oct 2017 06:24
Last Modified: 11 Oct 2017 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3081

Actions (login required)

View Item View Item