Analisis Kompetensi Guru di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Manokwari

Tasik, Martha (2016) Analisis Kompetensi Guru di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Manokwari. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL MARTHA.docx

Download (47kB)

Abstract

ABSTRAK Begitu besar peran guru dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan mempersiapkan generasi penerus bangsa. Tugas besar dan mulia ini akan berhasil jika dibarengi dengan kompetensi guru yang mumpuni. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Kompetensi Guru di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Manokwari dengan menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari kuesioner, sekunder dari sekolah, dokumen-dokumen dan peraturan-peraturan terkait. Responden adalah Kepala Sekolah dan seluruh Guru di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Manokwari yang sudah memiliki sertifikasi.Kompetensi guru di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Manokwari diukur dengan menggunakan 4 dimensi kompetensi, yaitu Kompetensi pedagogi, kompetensi pribadi, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Masing-masing kompetensi kemudian dijabarkan menjadi beberapa sub kompetensi yang lebih luas dan dituangkan kedalam kuesioner yang selanjutnya dijawab oleh responden agar dapat diketahui keadaan kompetensi yang sebenarnya.Setelah dilakukan penelitian Kompetensi Guru di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Manokwari , dihasilkan skor rata-rata maupun sub kompetensi yang tidak sama. Kompetensi pribadi mendapatkan skor tertinggi, selanjutnya kompetesi pedagogi dengn mendapatkan skor rata-rata kompetensi pada skala sangat baik, namun masih terdapat berapa sub kompetensi yang masih mendapat skor baik dan skor cukup. Sedangkan kompetansi profesional dan kompetensi sosial, mendapatkan skor rata-rata pada skala baik, yang didalamnya terdapat sub kompetensi yang masih mendapatkan skor baik dan skor cukup. Melihat kenyataan dari hasil penelitian Kompetensi Guru di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Manokwari bahwa pada kompetensi profesional dan kompetensi sosial mendapatkan skor rata-rata baik dan terdapat di semua kompetensi pada sub kompetensi yang masih mendapatkan skor baik dan skor cukup kiranya Kepala Sekolah wajib melakukan pembinaan untuk meningkatkan kompetensi guru dangan cara mengikutsertakan guru-guru di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Manokwari pada acara/moment sosialisasi/diklat peningkatan kompetensi guru yang diselenggarakan oleh Lembaga/Dinas/ Kementerian terkait. Kata Kunci:Analisis,Guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Oct 2017 05:54
Last Modified: 11 Oct 2017 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3078

Actions (login required)

View Item View Item