Pengembangan LKPD Elektronik melalui Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit)

Ulfa Dwiputri, - and Pince Salempa, - and Sugiarti Sugiarti, - Pengembangan LKPD Elektronik melalui Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit). Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 2022, Vol. 5, No. 2 (147-156).

[img] Text
Pengembangan LKPD Elektronik melalui Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.pdf

Download (332kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan LKPD elektronik melalui model discovery learning berbantuan aplikasi 3D PageFlip Professional pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Prosedur penelitian mengikuti model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. LKPD elektronik divalidasi oleh dua orang ahli. Selanjutnya diujicobakan ke kelas X Aljabar UPT SMAN 11 Pangkep melalui Google Meet. Hasil penelitian menunjukkan LKPD elektronik yang dikembangkan valid dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 3,42. Uji kepraktisan meliputi: (1) keterlaksanaan pembelajaran LKPD melalui model discovery learning berada pada nilai rata-rata M = 1,96 dalam interval nilai (1,5 ≤ M ≤ 2,0) artinya aspek dan kriteria yang diamati berada pada kategori terlaksana seluruhnya, (2) peserta didik memberikan respon positif dengan persentase rata-rata total sebesar 77,38% yang artinya LKPD elektronik ini berada dalam kategori praktis dan (3) guru memberikan respon positif dengan persentase rata-rata total skor sebesar 86,18%, berada dalam kategori sangat praktis. LKPD elektronik melalui model discovery learning yang dikembangkan juga memenuhi kriteria keefektifan dengan hasil tes setiap indikator kemampuan berpikir kritis peserta didik berada dalam persentase 60% - 80% dengan kategori sedang. Kata kunci: LKPD Elektronik; Discovery Learning; Berpikir Kritis; Larutan Elektrolit.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:19
Last Modified: 21 Jun 2023 03:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30779

Actions (login required)

View Item View Item