Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran Kimia sebagai Upaya Menanamkan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA

Sugiarti, Sugiarti and Mariantha, I. Nyoman Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran Kimia sebagai Upaya Menanamkan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA. Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 2021 Vol. 5, No. 1 (50- 61), ISSN (e): 2597-9361 dan ISSN (p): 2597-4068. pp. 462-465.

[img] Text
Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Berbasis Kontekstual.pdf

Download (257kB)

Abstract

– Penelitian pengembangan model pembelajaran discovery berbasis kontekstual pada mata pelajaran kimia sebagai upaya menanamkan sikap ilmiah peserta didik SMA 11 Makassar bertujuan untuk (1) mengasilkan model pembelajaran berbasis kontekstual pada materi asam basa yang valid; (2) mengasilkan model pembelajaran berbasis kontekstual pada materi asam basa yang praktis; (3) mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan model discovery berbasis kontekstual dalam menanamkan sikap ilmiah peserta didik pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Plomp sampai tahap empat, yaitu: investigasi awal, perancangan, realisasi/konstruksi, dan pengujian/evaluasi, revisi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara, observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil observasi keterlaksanaan dan pengelolaan pembelajaran model PDBK berada pada kategori terlaksana seluruhnya pada kriteria baik yang menunjukkan model PDBK bersifat praktis. Keefektifan modelPDBK berdasarkan angket respon guru dan peserta didik terhadap model PDBK kategori baik dan sangat tinggi, sedangkan sikap ilmiah untuk rasa ingin tahu, sikap demokrasi, dan kejujuran akademik masing-masing dalam kategori baik (secara keseluruhan sikap ilmiah termasuk kategori baik). Selanjutnya semua perangkat pembelajaran dan instrumen yang telah divalidasi oleh ahli dan praktisi kimia telah direvisi dan memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan. Keefektifan model PDBK juga. Dengan demikian disimpulkan bahwa model PDBK dapat digunakan pada pembelajaran kimia asam basa sebab model dan instrumennya kategori valid, praktis dan efektif dalam menenamkan sikap ilmiah peserta didik Kata kunci: Model, Discovery, Kontekstual, Kimia, Sikap, Ilmiah

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:18
Last Modified: 21 Jun 2023 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30776

Actions (login required)

View Item View Item