Reny, - and Sugiarti, - and Pince Salempa, - PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PRAKTIKUM TITRASI ASAM BASA. Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 2018, Vol.2, No.1 (32-41).
Text
pengembangan laboratorium virtual berbasis multimedia interaktif pada praktikum titrasi asam basa.pdf Download (332kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan laboratorium virtual dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan laboratorium virtual berbasis multimedia interaktif sebagai media pembelajaran pada praktikum titrasi asam basa. Diharapkan produk yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan berbasis produk Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga fase yaitu fase analisis kebutuhan, fase desain, dan fase pengembangan/implementasi. Subjek uji coba produk pengembangan ini adalah siswa kelas XI MIA3 SMA Negeri 6 Takalar dengan jumlah siswa 28 orang. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk semua item dan aspek yang diukur, penilaian kevalidan media memperoleh kriteria valid, penilaian kepraktisan media berada pada kategori praktis dan keefektifan dengan N-gain = 0.785 dengan kategori tinggi. Dari hasil tersebut menujukkan media laboratorium virtual berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan memiliki kategori valid, praktis dan efektif, sehingga dapat disimpulkan media laboratorium virtual berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Laboratorium Virtual, Multimedia Interaktif, Titrasi Asam-basa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 03:16 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 03:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30775 |
Actions (login required)
View Item |