Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ikatan Kimia dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA

Muttar, Marliana and Danial, Muhammad and Sugiarti, Sugiarti Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ikatan Kimia dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA. Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 2021 Vol. 4, No. 2 (164- 173), ISSN (e): 2597-9361 dan ISSN (p): 2597-4068.

[img] Text
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ikatan Kimia dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar.pdf

Download (422kB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/CER

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran ikatan kimia dengan model kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA, (2) mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk pengembangan perangkat pembelajaran ikatan kimia dengan kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, LKPD, BAPD, Media, dan THB. Setelah validasi, dilakukan uji coba perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw di SMAN 7 Jeneponto pada kelas X.MIA 1 dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw yang dikembangkan menunjukkan kevalidan rata-rata 3,75 dengan kriteria sangat valid. Perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw dikatakan praktis, karena pada uji kepraktisan yang berhubungan dengan: (1) keterlaksanaan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw berada pada nilai rata-rata M = 1,9 dalam kategori (1,5 M 2,0) yang artinya aspek dan kriteria yang diamati pada pelaksanaan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw berada pada kategori terlaksana seluruhnya, (2) guru memberikan respon yang sangat positif terhadap perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw dengan persentase 92,59%, dan (3) peserta didik memberikan respon yang sangat positif terhadap perangkat pembelajaran berbasis model kooperatif tipe Jigsaw dengan persentase 92,77%. Perangkat pembelajaran ini dikatakan efektif karena memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata persentase 81,91% dengan ketuntasan klasikal 87,50%, sedangkan peningkatan hasil belajar berdasarkan uji N-gain sebesar 0,78 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran; Kooperatif Tipe Jigsaw; Hasil Belajar.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:12
Last Modified: 21 Jun 2023 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30774

Actions (login required)

View Item View Item