Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Zat Aditif dan Zat Adiktif di Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar

Sugiarti, - and Verianingsih, - Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Zat Aditif dan Zat Adiktif di Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Jurnal Chemica Vo/. 16 Nomor 1 Juni 2015, 47 - 55.

[img] Text
Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Zat Aditif dan Zat Adiktif di Kelas.pdf

Download (280kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Desain penelitian adalah “Pretest�Posttest Control Group Design”. Pengambilan sampel kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan teknik simple random sampling dan terpilih kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan VIII3 sebagai kelas kontrol. Penelitian terdiri dari dua variabel, yaitu pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan pembelajaran dengan pendekatan konvensional sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest yang selanjutnya dikonversi ke skor N-Gain. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 71,05 dan kelas kontrol 59,57 dengan standar deviasi berturut-turut adalah 13,21 dan 12,45. Ketuntasan kelas eksperimen 54,55% dan untuk kelas kontrol 28,57%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif H1 diterima dan H0 ditolak, pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 3,125 > ttabel = 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Kata kunci: Contextual, Hasil belajar, Zat aditif dan Zat adiktif

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:10
Last Modified: 21 Jun 2023 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30773

Actions (login required)

View Item View Item