Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Hidrolisis dalam Model Discovery Learning

Ulfah, Nurlaili Dwi and Sugiarti, Sugiarti and Salempa, Pince Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Hidrolisis dalam Model Discovery Learning. Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 2021 Vol. 5, No. 1 (50- 61), ISSN (e): 2597-9361 dan ISSN (p): 2597-4068.

[img] Text
Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Hidrolisis dalam Model Discovery Learning.pdf

Download (399kB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/CER

Abstract

: Penelitian jenis Research & Development ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan multimedia interaktif (MMI) pada materi hidrolisis dalam model discovery learning yang valid, praktis dan efektif. Mengadaptasi model ADDIE, analisis memperhatikan aspek kurikulum, karakteristik peserta didik, dan kebutuhan media. Perancangan dilakukan berdasarkan analisis dengan membuat garis besar isi media, jabaran pembelajaran, RPP dan LKPD. Tahap pengembangan terdiri dari pra-produksi dimana dihasilkan flowchart multimedia dan naskah media, produksi dimana dihasilkan prototype MMI, dan pascaproduksi untuk review MMI sebelum digunakan. Implementasi dilakukan pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Simboro Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Evaluasi secara formatif dengan proses validasi pada semua perangkat, termasuk instrumen penelitian yaitu lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket repon guru dan peserta didik, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan semua perangkat memenuhi kriteria sangat valid dengan skor 3,58 dan 89,58% sangat layak. MMI valid dengan skor 3,12 dan 78,08% layak. Pembelajaran terlaksana seluruhnya dengan skor 1,80 berdasarkan sintaks discovery learning dan 89,93% sangat praktis. Untuk respon guru, diperoleh skor 3,39 dengan kriteria praktis dan respon peserta didik dengan skor 3,55 memenuhi kriteria praktis. Persentasi ketuntasan kelas, berdasarkan hasil tes belajar, mencapai 86,67% sangat efektif. Hal ini menunjukkan bahwa MMI yang dikembangkan memenuhi kualitas kevalidan, kepraktisan dan keefektifan yang ditetapkan. Kata kunci: Multimedia Interaktif; Hidrolisis; Discovery Learning.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:10
Last Modified: 21 Jun 2023 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30772

Actions (login required)

View Item View Item