Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Guided Inquiry

Nur’aini, Nur’aini and Danial, Muhammad and Sugiarti, Sugiarti Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Guided Inquiry. Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 2020 Vol. 3, No. 2 (125- 137), ISSN (e): 2597-9361 dan ISSN (p): 2597-4068.

[img] Text
Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Guided Inquiry.pdf

Download (321kB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/CER

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis guided inquiry pada pokok bahasan energi dalam sistem kehidupan yang valid, praktis, dan efektif. Untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis guided inquiry pada pokok bahasan energi dalam sistem kehidupan yang dikembangkan. Pengembangan Perangkat Pembelajaran menggunakan model dari Thiagarajan (Four-D) yang terdiri atas empat tahap, yaitu define, design, develop, dan dessiminate. Uji coba Perangkat Pembelajaran dilaksanakan pada peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 36 Makassar tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket, selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Perangkat pembelajaran yang mencakup rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), dan bahan ajar peserta didik (BAPD). Hasil validasi terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan diperoleh rata-rata penilaian validator memenuhi kriteria valid dan keseluruhan komponennya dinilai reliabel. Hasil penilaian kepraktisan terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan bahwa terdapat kekonsistenan antara hasil penilaian persepsi ahli dengan hasil pengamatan observer, yaitu sama-sama memberikan hasil penilaian kriteria tinggi atau baik. Dan efektif untuk digunakan karena terdapat kekonsistenan antara hasil penilaian persepsi ahli dengan hasil pengamatan observer. Hasil penilaian persepsi ahli yaitu memberikan hasil penilaian keefektifan dengan kriteria tinggi atau baik. Serta hasil pengamatan observer terhadap empat indikator kriteria keefektifan semuanya terpenuhi. Kata kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Guided Inquiry; Energi dalam Sistem Kehidupan.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:07
Last Modified: 21 Jun 2023 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30771

Actions (login required)

View Item View Item