Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Melalui Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Kimia Siswa Kelas VIII SMPN 30 Makassar (Studi pada Materi Pokok Bahan Kimia)

Niluh Asriniasih, - and Sugiarti, - and Netti Herawati, - Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Melalui Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Kimia Siswa Kelas VIII SMPN 30 Makassar (Studi pada Materi Pokok Bahan Kimia). Jurnal Chemica Vo/. 15 Nomor 1 Juni 2014, 1 - 17.

[img] Text
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Melalui Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Kimia Siswa Kelas VIII SMPN 30.pdf

Download (641kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif model pembelajaran learning cycle 5E melalui pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA kimia siswa kelas VIII SMPN 30 Makassar tahun pelajaran 2013/2014 pada materi pokok bahan kimia. Sampel penelitian adalah kelas VIII9 untuk kelas eksperimen dan kelas VIII5 untuk kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 40 orang. Kelas ekperimen diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E melalui pendekatan kontekstual dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap, yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Data diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung>ttabel = 4,88>1,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle 5E melalui pendekatan kontekstual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 30Makassar pada materi pokok bahan kimia. Kata kunci: Learning cycle 5E, Pendekatan kontekstual, Hasil belajar, Bahan kimia

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:05
Last Modified: 21 Jun 2023 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30768

Actions (login required)

View Item View Item