Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)

Muliawan, Trisna and Salempa, Pince and Sugiarti, Sugiarti Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 2021 Vol. 4, No. 2 (153- 163), ISSN (e): 2597-9361 dan ISSN (p): 2597-4068.

[img] Text
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).pdf

Download (449kB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/CER

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran model discovery learning berbasis SKKNI pada mata pelajaran analisis volumetri yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, LKPD, Bahan Ajar Peserta Didik, dan THB. Perangkat pembelajaran volumetri model discovery learning berbasis SKKNI yang telah dikembangkan, kemudian divalidasi oleh dua orang ahli. Setelah validasi, selanjutnya dilakukan uji coba perangkat pembelajaran yang dilakukan di SMK SMAK Makassar pada kelas XI E dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model discovery learning berbasis SKKNI yang dikembangkan setelah divalidasi berada pada kriteria sangat valid (V = 3,75). Perangkat pembelajaran dikatakan praktis, karena pada uji kepraktisan yang berhubungan dengan: (1) keterlaksanaan perangkat pembelajaran berada pada kategori terlaksana seluruhnya (M = 1,86) masuk dalam kategori (1,5 M 2,0), (2) guru memberikan respon yang sangat positif dengan persentase 93,49%, dan (3) peserta didik memberikan respon yang sangat positif dengan persentase 91,93%. Perangkat pembelajaran ini juga memenuhi kriteria keefektifan, yang diulas melalui hasil belajar peserta didik dengan persentase ketuntasan klasikal 94,00%. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: Pengembangan; Discovery Learning; SKKNI; Perangkat Pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:02
Last Modified: 21 Jun 2023 03:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30766

Actions (login required)

View Item View Item