Pengaruh Multimedia Presentasi dan Gaya Belajar terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa

Putra, Irwansyah (2016) Pengaruh Multimedia Presentasi dan Gaya Belajar terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
FULL PAPER Irwansyah Putra (Autosaved).docx

Download (71kB)

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design dan rancangan faktorial 2×2 yang dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Manuju Kabupaten Gowa dengan tujuan; Untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan multimedia presentasi dengan media presentasi konvensional pada kelompok yang memiliki gaya belajar audiovisual dan kinestetik. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan analisis varians dua arah dengan SPSS 22 yang menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan multimedia presentasi dengan yang diajar dengan media presentasi konvensional; 2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep antara peserta didik yang diajar menggunakan multimedia presentasi dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran media presentasi konvensional pada kelompok bergaya belajar audio-visual. 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep antara peserta didik yang diajar menggunakan multimedia presentasi dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran media presentasi konvensional pada kelompok bergaya belajar kinestetik. 4) Tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik Kata kunci: media presentasi, gaya belajar, pemahaman konsep fisika, eksperimen semu, dan faktorial

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Oct 2017 05:45
Last Modified: 11 Oct 2017 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3076

Actions (login required)

View Item View Item