Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI yang Dibelajarkan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Langsung

Idris, Siti Indriyati and Sudding, Sudding and Sugiarti, Sugiarti Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI yang Dibelajarkan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Langsung. Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 2020 Vol. 4, No. 1 (23- 33), ISSN (e): 2597-9361 dan ISSN (p): 2597-4068.

[img] Text
Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI yang Dibelajarkan.pdf

Download (487kB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/CER

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (quasi experiment) yang bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung. Desain penelitian ini menggunakan non-equivalen pretest-posttest control group design. Hasil analisis deskripsi diperoleh rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kelas eksperimen 1 adalah 77,60 dan kelas eksperimen 2 adalah 75,36 dengan standar deviasi masing-masing 6,92 dan 9,06. Persentase rata-rata nilai indikator kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen 1 sebesar 83,14 dan presentase nilai indikator kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen 2 sebesar 78,01. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model PBM lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran langsung. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikan, α = 0,05 diperoleh signifikansi (0,001<0,05), menunjukkan hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung pada materi senyawa hidrokarbon. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah; Pembelajaran Langsung; Kemampuan Berpikir Kritis; Hasil Belajar; Senyawa Hidrokarbon.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:56
Last Modified: 21 Jun 2023 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30758

Actions (login required)

View Item View Item