Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo(Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur)

A.Farihah Manggabarani, - and Sugiarti, - and Melati Masri, - Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo(Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur). Jurnal Chemica Vo/. 17 Nomor 2 Desember 2016, 83 – 93.

[img] Text
Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas x sma negeri 1 pitumpanua kab. wajo (studi pada materi pokok sistem periodik unsur).pdf

Download (484kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran “Blended Learning” terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo pada materi pokok sistem periodik unsur. Blended Learning adalah suatu pembelajaran yang memadukan antara pembelajaran langsung (face to face) dan pembelajaran online. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Blended Learning dikelas eksperimen dan pembelajaran langsung di kelas kontrol serta variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem periodik unsur. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo yang terdiri dari 9 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan asumsi bahwa populasi bersifat homogen. Kelas yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 24 siswa dan kelas X4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda dan angket motivasi yang terdiri dari 31 butir pernyataan dengan 5 kriteria. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung > ttabel = 4.14 > 1,678 pada ═ 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua (studi pada materi pokok Sistem periodik unsur). Kata Kunci : Blended Learning, Motivasi, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:55
Last Modified: 21 Jun 2023 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30757

Actions (login required)

View Item View Item