PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN NO. 1 CENTRE PATTALLASSANG KABUPATEN TAKALAR

ERNA KUSUMA SAKTI (2023) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN NO. 1 CENTRE PATTALLASSANG KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
SAMPUL, MOTO DLL.docx

Download (60kB)
[img] Text
SKRIPSI ERNHA.docx

Download (7MB)

Abstract

ERNA KUSUMA SAKTI, 2017. Penerapan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar SIswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA SDN No. 1 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar. Skripsi. Dalam hal ini dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd. dan Hamsah Pagarra, S.kom, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN No. 1 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan metode Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN No. 1 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN No. 1 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN No. 1 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang terdiri tiga tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa maupun hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas mengajar guru dan siswa pada siklus I masih berada dikategori cukup, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang berada pada kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode inquiry. hasil tes siklus I nilai rata – rata belum memenuhi KKM yang telah ditentukan dan masih berada kategori cukup, sedangkan pada siklus II telah memenuhi KKM yang ditentukan dan berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN No. 1 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:31
Last Modified: 21 Jun 2023 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30740

Actions (login required)

View Item View Item