Analisis Pengaruh Pembelajaran Discovery terhadap Minat dan Hasil Belajar Asam Basa Peserta Didik

Sugiarti Sugiarti, - and Netti Herawati, - and Risdawati Risdawati, - Analisis Pengaruh Pembelajaran Discovery terhadap Minat dan Hasil Belajar Asam Basa Peserta Didik. Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 2020 Vol. 3, No. 2 (116- 124), ISSN (e): 2597-9361 dan ISSN (p): 2597-4068. Homepage: http://ojs.unm.ac.id/CER DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13315.

[img] Text
Analisis Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Asam Basa Peserta Didik.pdf

Download (276kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 3 Pinrang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran discovery dan pembelajaran langsung dan variabel terikatnya adalah minat dan hasil belajar peserta didik pada materi asam basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 3 Pinrang sebanyak enam kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA5 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 orang dan kelas XI MIA2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket minat dan tes hasil belajar pada materi pokok asam basa berupa post-test. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil pengujian hipotesis untuk minat belajar menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 3,025 pada taraf α = 0,05 dengan dk = 3 dan nilai ttabel = 1,66 kriteria thitung > ttabel hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran discovey terhadap minat belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 3 Pinrang. Selanjutnya untuk pengujian hipotesis hasil belajar menggunakan uji Maan-Whitney diperoleh nilai zhitung = 3,48 pada taraf α = 0,05 dan nilai ztabel = 1,64. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovey terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 3 Pinrang. Hasil pengujian korelasi pada kelompok eksperimen nilai rhitung = 0,618 pada taraf α = 0,05 dan rtabel = 0,355 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA5 dengan model pembelajaran discovery. Selanjutnya pengujian korelasi kelompok kontrol nilai rhitung = 0,488 pada taraf α = 0,05 dan rtabel = 0,344 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif antara minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA2 dengan model pembelajaran langsung. Kata kunci: Discovery Learning; Minat Belajar; Hasil Belajar; Asam Basa.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:02
Last Modified: 21 Jun 2023 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30724

Actions (login required)

View Item View Item