Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan Materi Invertebrata Kelas X MAN Pinrang (dibimbing oleh Yusminah Hala dan Alimuddin Ali).

ANDI FATIMAH, KADIR (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan Materi Invertebrata Kelas X MAN Pinrang (dibimbing oleh Yusminah Hala dan Alimuddin Ali). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ANDI FATIMAH KADIR.docx

Download (14kB)

ABSTRAK ANDI FATIMAH KADIR. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan Materi Invertebrata Kelas X MAN Pinrang (dibimbing oleh Yusminah Hala dan Alimuddin Ali). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran biologi berbasis lingkungan dan untuk menilai kualitas perangkat biologi berbasis lingkungan yang memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah proses pengembangan perangkat yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran berbasis lingkungan, dan kualitas perangkat pembelajaran biologi berbasis lingkungan yang valid, praktis dan efektif. Produk tersebut terdiri dari 4 komponen, yaitu (1) RPP; (2) Buku siswa; (3) Lembar kerja siswa; (4) Tes hasil belajar untuk uji perangkat. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan modifikasi model 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate) dihasilkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran berbasis lingkungan. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis lingkungan menunjukkan bahwa (1) secara umum keseluruhan komponen perangkat pembelajaran berbasis lingkungan dinyatakan valid. Hasil analisis validasi RPP Mean = 3,43 (sangat valid), buku siswa M = 3,39 (sangat valid), dan LKS M= 3,70 (sangat valid), dan THB M = 3,70 (sangat valid) (2) secara umum hasil uji coba telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan perangkat pembelajaran berbasis lingkungan selama uji coba adalah M= 1,93 (terlaksana seluruhnya) dengan R= 100% (reliabel), (3) secara umum hasil uji coba telah memenuhi kriteria keefektifan. Hasil pengamatan selama pembelajaran berbasis lingkungan adalah; (a) kemampuan guru mengelola pembelajaran berbasis lingkungan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:51
Last Modified: 06 Apr 2017 01:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item View Item