Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI MIA Materi Sistem Eksresi Se-Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar

Susianti, Asih Luklu and Palennari, Muhiddin and Bahri, Arsad (2020) Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI MIA Materi Sistem Eksresi Se-Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-6 TAHUN 2020.

[img] Text (Prosiding)
29. Artikel Medan.pdf

Download (653kB)
Official URL: http://digilib.unimed.ac.id/view/creators/Bahri=3A...

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam melakukan proses mengenal dan menghilangkan kesenjangan antara ekspektasi dan realita yang idealnya dari suatu fenomena. Peserta didik yang memiliki keterampilan pemecahan masalah akan lebih mudah memahami konsep dan pemecahan masalah pembelajaran biologi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil keterampilan pemecahan masalah peserta didik SMA Negeri kelas XI se- Kecamatan Biringkanaya khususnya pada mata pelajaran biologi materi sistem eksresi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode survey dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri di Kecamatan Biringkanaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel Acak dari seluruh kelas XI MIA di SMA Negeri 7 Makassar, SMA Negeri 18 Makassar dan SMA Negeri 22 Makassar dan diperoleh tiga kelas sebagai sampel penelitian. Data keterampilan pemecahan masalah dikumpulkan melalui pemberian tes essay pemecahan masalah. Hasil tes essay dianalisis dengan menggunakan rubrik penilaian pemecahan masalah yang dikembangkan oleh (Hart. D, 1999). Berdasarkan hasil tes, keterampilan pemecahan masalah peserta didik berada pada kategori sangat kurang. Hasil pemecahan masalah peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik yang melaksanakan memahami masalah 28,81 %, merencanakan penyelesaian 74.04%, menyelesaikan masalah 49,285 %, memeriksa kembali proses dan hasil 37,14 % dan 73,09 %. Berdasarkan hasil survei dapat disimpulkan bahwa keterampilan pemecahan masalah peserta didik SMA Negeri kelas XI se- Kecamatan Biringkanaya pada materi sistem eksresi masih sangat kurang, sehingga perlu untuk ditingkatkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 09:40
Last Modified: 20 Jun 2023 09:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30665

Actions (login required)

View Item View Item