Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Perkuliahan Biologi Dasar Melalui Problem Based Learning

Palennari, Muhiddin and Lodang, Hamka and Faisal, Faisal (2018) Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Perkuliahan Biologi Dasar Melalui Problem Based Learning. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2018.

[img] Text (Prosiding)
gito,+Journal+manager,+385-388+Muhiddin+Palenari.pdf

Download (532kB)
Official URL: https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/SemnasBIO...

Abstract

Era pengetahuan merupakan era yang membutuhkan berbagai keterampilan intelektual seperti keterampilan berpikir kritis, keterampilan metakognisi dan pemecahan masalah. Era tersebut menjadi pendorong perbaikan sektor pendidikan pada semua jalur dan jenjang pendidikan termasuk di perguruan tinggi. ujuan mengetahui keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada perkuliahan Biologi Dasar dengan penerapan RPP-PBL dan LKM-PBL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di Fakultas MIPA pada Jurusan Fisika, Jurusan Kimia, dan Jurusan Biologi FMIPA UNM. Instrument pengumpulan data terdiri dari angket tanggapan mahasiswa terhadap perkuliahan, tes pemahaman konsep Biologi Dasar terintegrasi dengan keterampilan berpikir kritis. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada umumnya berada pada kategori “mulai berkembang” dan terdapat mahasiswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis dengan kategori “berkembang sangat baik” dan tidak ada yang memiliki keterampilan berpikir kritis dengan kategori “masih berisiko”.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 09:01
Last Modified: 20 Jun 2023 09:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30656

Actions (login required)

View Item View Item