Learning Cycle (Siklus Belajar) Membiasakan Aktivitas Scientific Approach Peserta Didik

Palennari, Muhiddin and Lodang, Hamka (2017) Learning Cycle (Siklus Belajar) Membiasakan Aktivitas Scientific Approach Peserta Didik. In: Seminar Nasional LP2M UNM 2017, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text (Prosiding)
4033-9921-1-SM.pdf

Download (417kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/40...

Abstract

Pada kurikulum 2013, pembelajaran yang disarankan untuk membiasakan aktivitas scientific approach adalah PBL, PjBL, dan discovery learning. Akan tetapi tidak semua materi pelajaran dapat diajarkan dengan model-model pembelajaran tersebut. Salah satu pembelajaran alternatif yang dapat diterapkan adalah learning cycle. Dengan learning cycle, keterampilan pada scientific approach dapat dibiasakan pada peserta didik. Aktivitas yang terdapat dalam learning cycle seperti engagement, exploration, explanation, elaboration dan evaluation juga ditemukan pada scientific approach dengan istilah yang berbeda tetapi dengan makna yang sama misalnya mengamati, menanya, menalar, mengumpulkan informasi dan mengomunikasikan..

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:55
Last Modified: 20 Jun 2023 08:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30653

Actions (login required)

View Item View Item