Pengembangan e-Modul Pembelahan Sel Bagi Siswa Kelas XII MIA SMA Negeri 1 Nunukan

Ismiati, Ismiati and Hala, Yusminah and Palennari, Muhiddin (2022) Pengembangan e-Modul Pembelahan Sel Bagi Siswa Kelas XII MIA SMA Negeri 1 Nunukan. UNM Journal of Biological Education, 6 (1). pp. 12-20. ISSN 2581-1961

[img] Text (Artikel)
35257-89234-1-PB.pdf

Download (686kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/UJBE/article/view/35257

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berupa e-modul biologi yang diharapkan dapat membantu guru dan peserta didik dalam mempelajari materi Pembelahan Sel. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu Analysis, Design/perancanngan, Development/ pengembangan, Implementation/ implementasi dan Evaluation/ evaluasi. Tahapan analisis dilakukan dengan menganalisis kurikulum yang digunakan, karakteristik peserta didik dan pemanfaatan teknologi saat ini. Dilanjutkan dengan perancangan dan pengembangan, yaitu pembuatan e-modul, validasi produk dan revisi. Tahap selanjutnya adalah Implementasi dengan uji coba menerapkan e-modul biologi pada peserta didik. Tahap terakhir adalah evaluasi yaitu menganalisis hasil revisi akhir. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi instrumen, angket respon guru, angket peserta didik, dan tes hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIA di SMA Negeri 1 Nunukan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran e-modul biologi pada materi pembelahan sel memenuhi kriteria valid dengan rerata skor sebesar 4,5 (valid); 2) media pembelajaran e-modul biologi pada materi pembelahan sel memenuhi kriteria praktis berdasarkan hasil respon guru 83,48% (sangat positif) dan hasil respon peserta didik 85,63% (positif); 3) media pembelajaran e- modul biologi pada materi pembelahan sel memenuhi kriteria efektif dengan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 88,57% sangat (baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-modul biologi pada materi pembelahan sel telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:41
Last Modified: 20 Jun 2023 08:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30646

Actions (login required)

View Item View Item